AGCU adalah Akademik General Chek Up atau metode untuk mengukur kesiapan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional USBN, yang dalam hal ini dikembangkan oleh Tim Eduprime, mencakup aspek akademik, meliputi penguasaan dan ketuntasan materi pelajaran USBN dan aspek non akademik berupa kondisi psikologi.

Materi akademik yang akan diukur dalam AGCU adalah materi pelajaran yang menjadi materi ujian nasional. Sementata untuk materi non akademik meliputi learning style (gaya belajar), adversity quotient (daya juang), emotional quotient (kecerdasan emosi), achievement quotient (motivasi berprestasi).



Test AGCU berlangsung selama 1 hari, mulai Selasa 24 November 2021. Diikuti siswa kelas XII yang berjumlah
sekitar 412.

Kepala Sekolah SMKN 1 Surabaya memaparkan manfaat dari  test AGCU ini untuk mengetahui gaya belajar dan daya juang siswa dalam  belajar, sehingga dapat menerapkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan prestasi belajar. “Saya berharap hasil dari Tes AGCU,  Peserta Didik lebih bersemangat untuk mendalami potensi pembelajaran kedepannya,” ungkap Bapak TJIPTOADI NUGROHO S.ST,MT.

Lebih lanjut  beliau juga menjelaskan terkait hasil dari diagnosa menggunakan AGCU. Munurutnya, test tersebut  menjadikan siswa mampu    belajar lebih efektif dan menyiapkan materi lebih awal fokus sesuai dengan kelebihan, kekuatan, ketuntasan, dan penguasaan materi USBN.

 

 

Peserta didik telah melaksanakan tes AGCU (Academic General Check-Up) untuk mengetahui kemampuan akademik.
SMKN 1 Surabaya bekerja sama dengan Eduprime yang diselenggarakan pada tanggal 24 November 2021 diikuti oleh peserta didik kelas XII.