www.smkn1-sby.sch.id. Surabaya- Ikatan alumni dalam lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam menjaga hubungan erat antar lulusan, memelihara kenangan masa sekolah, dan mendukung cita-cita bersama. Alumni adalah bentuk jamak dari lulusan dan merujuk pada kumpulan orang yang telah menyelesaikan pendidikan di sebuah lembaga. Dalam rangka itu pula perlu kiranya para lulusan SMK Negeri 1 Surabaya diberi wadah untuk berkumpul.

Sehingga Wakil Kepala SMK  Negeri 1 Bidang Hubungan Masyarakat Sri Retna Pratiwi, S.ST., M.Pd berinisiatip melakukan pembentukan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Semkanisa dengan mengundang dari beberapa angkatan, yang rencananya akan dilaksanakan Jum'at, 6 September 2024.

 “Selain menciptakan lulusan yang bagus, sekolah juga perlu memetakan para alumninya. Keberadaan alumni adalah bagian penting untuk meningkatkan mutu Sekolah. Oleh karena itu  perlu kita bentuk IKA,” terangnya.

“Selain itu ada berbagai alasan mengapa  perlu mengelola data alumni dimana Keberhasilan lulusan SMK Negeri 1 Surabaya di dunia kerja merupakan salah satu tolak ukur penilaian akreditasi. Alumni juga berperan dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Surabaya,” tambahnya.

Dikatakan lebih lanjut, pentingnya bagi sebuah intansi pendidikan seperti SMK Negeri 1 Surabaya apabila memiliki sebuah ikatan alumni dan keuntungan memilki ikatan alumni salah satunya dapat menjaga nama baik sekolah, dapat menambah nilai akreditasi sekolah, dapat membantu adik kelasnya nanti dan membangun networking yang lebih luas.

“Dengan terbentuknya Ikatan Alumni Sekolah memungkinkan dapat meningkatkan mutu Pendidikan dan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Alumni juga dapat memberikan berbagai masukan yang kritis dan membangun untuk kemajuan almamater mereka dan berperan untuk menarik minat calon siswa baru, sebab alumni merupakan acuan utama bagi para calon siswa untuk menentukan pilihan sekolahnya,” pungkasnya. (badar)