www.smkn1-sby.sch.id. Surabaya- SMK Negeri 1 Surabaya untuk pertama kali menggelar wisuda tahfidzul qur’an pada 23 Juli 2024, bertempat di aula sekolah yang berlokasi di Jalan Smea No 4 Wonokromo, Surabaya. Wisuda diikuti delapan orang wisudawan wisudawati dan kegiatan tersebut dihadiri Kepala SMK Negeri 1, Dr. Drs. Anton Sujarwo, M.Pd beserta para guru, siswa dan orang tua murid yang akan di wisuda. 

Sebelum acara wisuda tersebut, Ustdz. Ahmad Rif'an Najih dan Ustadz. Moh. Ikhsan  dari STKIP, (AL HIKMAH ) Surabaya didatangkan sebagia tim penguji dan  menyeru kepada para wisudawan dan wisudawati untuk menyimak dan melanjutkan bacaan alqur’an yang diminta.

Dewan guru dan peserta didik yang menghadiri acara wisuda tahfidzul qur’an pada 3 April 2024

 

Dalam kata pengantarnya sebelum acara dimulai Ustdz. Ahmad Rif'an Najih berharap setelah wisuda para siswa terus istiqomah dalam menjalankan aktifitasnya sesuai ajaran Al Qur’an dan apa yang mereka baca.

“Mudah-mudahan para wisudawan dan wisudawati ini  bisa menjalani hidupnya sebagai orang bermanfaat bagi banyak orang, bukan hanya dirinya sendiri,” ucapnya.

Sementara itu orang nomor  satu di lingkungan SMK Negeri 1 Surabaya ini mengatakan,  Wisuda tahfidz Qur’an merupakan momen penting yang membanggakan bagi setiap individu yang berhasil menyelesaikan dan mempelajari  serta menghafal Al-Quran.

Walimurid yang di wisuda

 

“Ini merupakan hal positif. Kita perlu banyak inovasi dan metode untuk meningkatkan mutu pendidikan dan percepatan penguatan kompetensi siswa. SMK itu bukan mendorong siswa untuk sekedar pintar saja, tapi punya skill yang cukup. Hanya saja kaitan dengan skill kita ada sisi yang timpang,” ucap Anton.

Ia juga berharap kegiatan seperti ini dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi. Dengan pola-pola pendukung tentunya, tidak hanya menghafal, namun mengikuti posesnya. Pasalnya pembelajaran yang sebenarnya itu ada pada proses bukan hasil semata.

Wisudawan dan wisudawati lakukan Proresesi Sungkem serta peneymatan mahkota kepada orangtua

 

 “Ini merupakan angkatan pertama. saya bangga, terharu dan senang. Ini juga wujud nyata bila SMK negeri 1 Surabaya memiliki program penguatan karakter siswa, salah satunya melalui tahfidz Quran. Kami mohom maaf para bapak ibu orangtua murid yang dapat hadir dalam acara ini. Kami pihak sekolah hanya mengantarkan mereka ke gerbang yang lebih baik,” imbuhnya.

Kegiatan  wisuda yang  mulai pukul 10.00 Wib, diakhiri dengan suasana yang begitu syahdu dan mengharukan. Dimana seluruh wisudawan - wisudawati menghampiri orangtuanya masing-masing dan memberikan mahkota wisuda serta sujud sungkem. (badar)