www.smkn1-sby.sch.id. Surabaya - Ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan yang dapat diikuti oleh siswa selain aktivitas belajar mengajar wajib di sekolah. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi siswa dan karena sifatnya sebagai kegiatan tambahan, maka siswa dapat memilih kegiatan sesuai dengan minatnya.

Estrakurikuler Karate temgah memperagakan kemampuannya memecahkan batu bata. Foto : By Satrya 12 PSPT 3

 

Dengan mengikuti ekstrakurikuler diharapkan para siswa siswi dapat menyalurkan minat dan bakat mereka yang mungkin tidak akan muncul atau tersalurkan dalam kegiatan belajar mengajar.  Kegiatan Ekstrakurikuler bertujuan untuk memperluas pengetahuan, wawasan serta mengembangkan minat dan bakat siswa dengan cara yang menyenangkan.

Para siswa yang tergabunga dalam estrakurikuler Futsal. By Satrya 12 PSPT 3

 

“Sifatnya sebagai kegiatan tambahan, maka  dipastikan agar siswa tidak melupakan kewajibannya di sekolah. Kita juga perlu untuk memastikan siswa yang bersangkutan tidak terlalu Lelah, sehingga dapat mengganggu kegiatan proses belajar mereka,” papar Kepala SMK Negeri 1 Surabaya, Dr. Drs. Anton Sujarwo, M.Pd dalam memaparkan kepada para siswa baru tahun ajaran 2024-2025.

“Tujuan utama estrakurikuler yaitu untuk meningkatkan serta memperluas pengetahuan siswa, membentu mengenali hubungan antara berbagai mata pelajaran sekolah. Sebagai media dalam menyalurkan bakat dan minat ke arah yang positif serta pembangunan manusia secara utuh,” tambahnya.

 

Estrakurikuler Chiliders tengah memperagakan kemampuannya dalam beraksi. Foto By Satrya 12 PSPT 3

 

Lebih lanjut Anton mengatakan bila setiap sekolah memiliki kebijakan berbeda-beda terkait ekstrakurikuler yang disediakan, diantaranya beladiri seperti pencak silat, taekwondo, karate, bola basket dan bola voli.

“Bagi siswa yang gemar dan percaya diri untuk berinteraksi dengan orang lain dan public speaking sangat cocok dengan ekstrakurikuler jurnalistik. Kegiatan  akan meningkatkan kemampuan siswa membuat karya tulis yang baik serta meningkatkan kemampuan berbahasa mereka,” pungkasnya. (badar)